Pages

Thursday 7 April 2011

KANG SEJO

gathot kaca itu sufi.ia satrio pandito.tiap saat seperti tidur,padahal berzikir qolbi.jasad di bumi roh menemui tuhan.ini turu lali.mripat turu ati tangi.biar masih muda, hidup gathotkoco seimbang,satu kaki di bumi,satu lagi di akhirat.Mirip nabi daud.sehari puasa sehari esok berbuka.

dalam deretan sufi,al adwiah disebut "raja".
wanita ini hamba yang total.hidupnya hanya buat cinta.gemerlap dunia tak menarik berkat pesona lain:getaran cinta ilahi.pernah ia berkata :

" bila kau ingin menganugrahiku nikmat duniawi,berikan itu pada musuh-musuhMu.dan bila engkau limpahkan aku nikmat surgawi,berikanlah itu pada sahabat2Mu.karena bagiku engkau cukup '' .ini tentu berkat ke "raja" annya.
lumrah.

lain itu yang terjadi pada Kang sejo.ia tukang pijet(maaf)kang saya sebut itu tuna netra.kang sejo pendek pula doanya.bahasa arab ia tidak tau.doanya bahasa jawa:

''Gusti allah ora sare''

potongan dari ayat kursi.zikir ia kuat.sebab,soal seruwet apapun yang dihadapi,ia hanya berujar :"Duh gusti,engkau yang tak pernah tidur " cuma itu.memang sederhana .

''memang hidup ini dasarnya cuma sederhana."katanya sambil memijit .

saya tertarik dengan cara hidupnya.saya belajar,guru saya ...yaaa.... semacam orang seperti ini.antara lain.

ketika saya tanya apa yang dilakukan disela memijit.dia bilang :"duh,gusti allah ora sare" dirumah,dijalan,ditempat bekerja,dimanapun ia berada.doanya yaa....Duh,gusti.....itu.satu tapi jelas ditangan.

''Berapa kali pak,dalamsehari?"tanya saya

"Tidak saya hitung."

"lho,apa tidak ada aturanya?para santri kan dituntun baca ini sekian ribu,itu sekian ribu?" kata saya.

''Monggo mawon" .jawabnya lagi :"Tuhan memberi rejeki pada kita tanpa perhitungan,kok.jadi ibadah pu tanpa hitungan."

"sampean itu seperti wali,loh kang ".saya sambil memuji.

"MOnggo mawon,ning wali murid ''.ia lalu tertawa.

Diam-diam ia sudah naik haji.langganan lama yang mentraktirnya ketanah suci.

"Seneng,sampean kang,sudah naik haji?"

"itu kan rejeki.dan rejeki datang dari sumber yang tak terduga ''.katanya

"ayat,menyebutkan itu kang?"

"monngo mawon saya tidak tau."

Ketularan bau arab,saya tanya kenapa doanya bahasa jawa?

"Apa tuhan taunya cuma bahasa arab??"

"Kalau sampean Duh gusti,Duh gusti di bis ,apa penumpang lain....

"dalam hati ,Mas.tak perlu diucapkan."

ia,konon,pernah menolak zakat dari seorang tetangganya.karena disodor-sodori,ia menyebut" Duh..Gusti,yang tak pernah tidur..''
Pemberi zakat itu,entah kenapa ,bagaimana ia ketakutan.ia mengaku uang itu memang kurang halal.ia minta maaf.

''Mengapa sampean tahu uang zakat itu haram?"tanya saya

"Rumah saya tiba2 panas.panas sekali."

"Kok sampean tau panas itu akibat si uang haram?"

"Gusti ALLAH ora sare mas " .jawabnya

''ya,saya mengerti,kang sejo''.

ibarat berjalan engkau telah sampai.dalam kegelapan matamu,kau talah mengenalNYA.Dan aku?aku masih dalam taraf terpesona.Terus menerus.....

0 komentar:

Post a Comment